Viral, Video Prajurit TNI Bantu Orang dengan Gangguan Jiwa yang Tidur di Tengah Jalan

Sebuah video yang merekam seorang prajurit TNI tengah membujuk orang diduga dengan gangguan jiwa untuk menepi dari tengah jalan viral di media sosial Facebook, Sabtu (30/5/2020).

Dalam video itu terlihat orang dengan gangguan jiwa tersebut tidur tengkurap di tengah jalan sehingga mengakibatkan arus lalu lintas tersendat.

Unggahan video tersebut dibagikan oleh pemilik akun Facebook, Gilang Kasnadi.


Hingga hari ini Minggu (31/5/2020) siang, unggahan video tersebut telah ditonton lebih dari 27.000 kali.

Dalam unggahannya, Gilang menuliskan narasi sebagai berikut:

"Sabtu 30/05/2020 jam 08.00 wib Lokasi. Sasakbeureum Jatitujuh-Majalengka
(saya telat ambil video da hp can diaktifkeun nunggu aktif perlu beberapa menit, beruntung masih bisa merekam momen Indah ini) Orang gila yg lagi tiduran telanjang di bahu jalan itu di bujuk seorang TNI supaya mau pindah ke pinggir, orang gila itu meminta rokok lalu sang TNI muda itu memberinya sekaligus menyalakanya dgn koreknya, dengan tatapan iba dan ketulusan nya akhirnya orang gila itu mau pindah ke teras rumah kosong. Salut dibalik seragam gagah dan garang tersimpan kelembutan hati. Semakin bangga dengan Institusi ini, kalian garda terdepan penjaga ke utuhan NKRI, Saya doakan semoga Bapak menjadi pejabat tinggi di TNI pak, kami titipkan negara ini pak ,. Salam hormat... colek Asep Dk."

Dalam unggahan tersebut, banyak warganet yang memberikan apresiasinya kepada parujirt TNI tersebut.

Berdasarkan petunjuk dari narasi tersebut, diketahui lokasi kejadian berada di Jatitujuh, Majalengka, jawa Barat.


Konfirmasi Kompas.com

Untuk mengetahui peristiwa tersebut, Kompas.com menghubungi Kapendam III Siliwangi Kolonel Inf FX Sri Wellyanto Kasih.

Saat dikonfirmasi, Wellyanto membenarkan bahwa prajurit TNI yang terekam dalam video viral itu adalah anggotanya.

"Ya benar. Itu anggota saya atas nama Serda Ade Irawan, Babinsa Panongan, Koramil 1714/Jatitujuh, Kodim 0617/Majalengka," kata Wellyanto kepada Kompas.com, Minggu (31/5/2020).

Setelah dilakukan pendalaman, lanjut dia, kejadian tersebut terjadi pertigaan Sasak Beureum, Desa Jatitujuh, Kecamatan Jatitujuh, Majalengka pada Sabtu (30/5/2020) sekitar pukul 08.30 WIB.

Wellyanto mengatakan, saat itu Ade usai apel pagi di Koramil 1714/Jatitujuh sebelum melakukan kegiatan pendampingan giat penyaluran bantuan sosial di Jawa Barat.

"Serda Ade Irawan mendapatkan perintah dari Danramil 1714/Jatitujuh untuk melaksanakan pendampingan kegiatan bansos dari Pemprov Jawa Barat tahap II di Desa Panongan," ujar Wellyanto.

Dalam perjalanan, tepatnya di pertigaan Sasak Beureum Desa Jatitujuh, Serda Ade Irawan melihat orang yang mengalami gangguan jiwa tanpa busana tidur di tengah jalan.

"Secara spontan, Serda Ade Irawan membujuk dengan ajakan supaya berpindah ke tempat yang tidak mengganggu lalu lintas," papar Wellyanto.

Usaha Serda Ade Irawan tak mudah, karena orang yang mengalami gangguan jiwa tersebut enggan untuk dipindahkan.

Lalu, ia mencoba membujuk dengan memberikannya sebatang rokok.

"Setelah dibujuk dengan diberikan rokok, baru orang yang alami gangguan jiwa tadi mau mendengar ajakan Serda Ade Irawan," ujar Wellyanto.

Setelah sampai di tempat yang aman, Serda Ade Irawan pulang ke rumah dan meninggalkan orang tersebut untuk mengambilkan baju, celana, dan makanan.

Ia kemudian kembali ke tempat tersebut dan memakaikan pakaian yang diambilnya dari rumah.

"Setelah diberikan baju celana dan makanan, Serda Ade Irawan melanjutkan perjalanan menuju Desa Panongan," ujar Wellyanto.

"Serda Ade Irawan tidak mengetahui bahwa kejadian tersebut ada masyarakat yang merekam video," lanjut dia.

Wellyanto mengungkapkan, ia sangat mengapresiasi tindakan anak buahnya tersebut.