Menhan Prabowo Kembali Terima Bantuan Alkes dari China, 'Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing'

Anggota Dewan Negara dan Menteri Pertahanan Tiongkok Wei Fenghe berbicara melalui telepon dengan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto. 

Wei mengungkapkan, pemerintah China telah berkomitmen mendukung upaya pencegahan virus corona yang dilakukan pemerintah Indonesia. 

Menandai peringatan 70 tahun hubungan diplomatik China-Indonesia, Wei menyerukan upaya untuk melanjutkan komunikasi tingkat tinggi dan memperkuat kerja sama di semua bidang antara kedua angkatan bersenjata, melansir Xinhua, Selasa (12/5). 

Dalam pembicaraan di telepon itu, Prabowo menyatakan rasa terima kasihnya kepada angkatan bersenjata Tiongkok atas dukungan dan bantuannya. Juga menyampaikan bahwa Indonesia sangat memuji pencapaian China dalam memerangi virus dan kontribusinya terhadap kerja sama global dalam memerangi pandemik. 

Bersamaan dengan itu, kemarin Prabowo telah menerima bantuan alat kesehatan (Alkes) dari Republik Rakyat Tiongkok yang kedua kalinya. 


Bantuan itu berupa alat-alat kesehatan (Alkes) seperti Disposable Medical Mask, Medical Surgical Mask, KN95 Respirator dan Surgical Mask cone, Medical Goggles, Disposable Medical Protective Screen, Disposable Protevtive Jump Suit, Disposable Waterproof Isolation Gown, Medical Boot Cover, Disposable Nitrile Glove, Infusion Pump, Knapsack Disinfectant Sprayer 16L, Infrared Forehead Thermometer dan Thermal Imaging Thermometer Helmet. 

Semua bantuan alat-alat kesehatan tersebut nantinya akan disalurkan ke beberapa rumah sakit lingkungan Kemhan dan TNI sehingga diharapkan dapat membantu dalam pencegahan penyebaran virus corona dan penanganan wabah Covid 19 di Indonesia.

Sebelumnya, bantuan alkes dari Tiongkok yang pertama kali  pernah diterima oleh Menhan pada hari Senin (23/3) di Base Ops TNI AU Halim Perdana Kusuma. Bantuan itu berupa Rapid Test dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan.