Jauh di Tengah Rimba Papua, Personel TNI Ini Berjuang Bantu Seorang Ibu Melahirkan Bayi

Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyelamatkan nyawa seorang ibu yang melahirkan bayi di sebuah bivak di tengah hutan di Kampung Rawa Biru, Distrik Soita, Merauke.

Peristiwa itu dilaporkan Komandan Satuan Tugas Yonif MR 411/PDW Kostrad, Mayor Infanteri Rizky Aditya, Senin 27 April 2020.

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer diceritakan, pada sabtu 25 April 2020, seorang bapa bernama Bernat Matwa mendatangi Pos Satgas Pamtas RI PNG di Pos Yakyu. Dia melaporkan bahwa putrinya bernama Apolina Maywa sedang hamil tua dan tak lama lagi akan melahirkan.

Mendapat laporan tersebut, Komandan Pos Yakyu Letda Inf I Komang Adhi, bersama tim Kesehatan Satgas terdiri dari Dantonkes Letda Ckm Iwan Debri Setiawan, Tamtama Kesehatan (Takes) Pratu Suparyadi dan empat personel lainnya, segera menuju ke bivak yang tidak jauh dari kampung untuk segera membantu persalinan.


Proses persalinann cukup dramatis, setiba di tengah hutan tempat bivak berada, tim Satgas TNI langsung memberikan pertolongan. Namun karena peralatan yang dimiliki sangat sederhana persalinan dilakukan sangat hati-hati.

Setelah menunggu beberapa jam akhirnya persalinan dapat dilakukan dengan normal. Apolina melahirkan seorang bayi berjenis kelamin perempuan dalam kondisi sehat.

"Bayi berjenis kelamin perempuan tersebut lahir dengan normal dan kondisi sehat serta memiliki berat 3,2 kilogram dan panjang 47 sentimeter, kata Mayor Inf Rizky.

Persalinan terpaksa dilakukan dibivak di tengah hutan karena ada tradisi adat Suku Kanum, bahwa setiap wanita hamil yang akan melahirkan haru tinggal di dalam hutan selama 11 hari. Dan ini merupakan peristiwa kedua kalinya yang dialami Satgas di selama terjadi wabah Virus Corona atau COVID-19.

"Membantu proses persalinan warga Papua ditengah wabah virus corona ini adalah untuk yang kedua kalinya, hal ini sebagai wujud nyata TNI dalam membantu Instansi Kesehatan setempat untuk ikut serta memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucap Alumni Akmil tahun 2003 itu.

Sementara itu, Bernat Maywa mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Yakyu yang telah membantu persalinan putrinya yang melahirkan anak keduanya.
.
"Mewakili keluarga, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak TNI dan, semoga kelak cucu kami juga dapat berguna dan bermanfaat bagi orang banyak,” ucapnya.