Inilah 10 Dokumen Paling Rahasia di Dunia, Salah Satunya tentang PKI

di dunia melewati banyak sejarah, baik sejarah besar yang melibatkan banyak orang atau sejarah kecil yang melibatkan sedikit orang. Tidak semua fakta sejarah diungkapkan atau terungkap kepada dunia.


Ada banyak bagian sejarah yang “disensor”, ditutup-tutupi, tidak dipublikasikan dan hanya terkunci dalam dokumen rahasia. Sebagian dokumen rahasia itu akhirnya dibuka setelah puluhan tahun namun ada juga yang belum jelas kapan akan dibuka.

1. Dokumen Peristiwa G30S/PKI

Dibuka pada 2017: Setelah tertutup sekitar 50 tahun, sebuah dokumen rahasia berisi komunikasi kabel diplomatik AS tentang tragedi berdarah itu dibuka ke publik oleh lembaga nirlaba National Security Archive (NSA), National Declassification Center (NDC), dan lembaga negara National Archives and Records Administration (NARA). Dokumen dibuka pada 17 Oktober 2017.

Ada 39 dokumen rahasia pembantaian 1965 setebal 30.000 halaman yang merupakan catatan Kedutaan Besar Amerika di Indonesia sejak tahun 1964 hingga 1968. Dokumen mengungkap seputar pertikaian antara tentara dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang mengantar ke peristiwa yang disebut sebagai “pembantaian massal”. Sebagian dari fakta mengenai peristiwa G30S ini sudah dibuka ke publik antara lain lewat pengakuan saksi mata dan korban.

2. Dokumen Rekaman Martin Luther King

Tertutup hingga 2027: Pendeta Martin Luther King, Jr., Ph.D. (lahir di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, 15 Januari 1929 – meninggal di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat, 4 April 1968 pada umur 39 tahun) adalah penerima Nobel, pendeta Baptis dan aktivis HAM Afrika-Amerika. Ralph Abernathy adalah kolega dekat King dalam gerakan hak-hak sipil.

Dalam otobiografinya berjudul “Dan Walls Came Tumbling Down”, Ralp menyebutkan King adalah seorang mata keranjang. Ia juga menulis tentang rekaman Surveillance: “Aku ingat khususnya saat tinggal di Hotel Willard di Washington, di mana mereka tidak hanya menyimpan dalam audio, tetapi juga peralatan video. Kemudian, setelah mengumpulkan cukup dari ‘bukti’ yang akan berguna, mereka mulai mendistribusikan pada wartawan, ahli hukum,” ungkapnya.

3. Dokumen Tenggelamnya Kapal RMS Lancastria

Tertutup hingga 2040 : Pada Juni 1940 17, kapal Lancastria mengevakuasi pasukan Inggris dan pengungsi sipil, termasuk perempuan dan anak-anak dari Prancis. Pada pukul 06:00, Kapten Rudolf Sharp menerima perintah mengevakuasi pasukan dan pengungsi sebanyak mungkin, dan mengabaikan hukum internasional tentang batas penumpang.

Saat makan siang, di atas geladak penuh sesak dengan penumpang antara 6.000 sampai 9.000 pasukan dan pengungsi. tetapi tidak menawarkan kapal pendamping. Pada 03:48, pesawat pembom Jerman menjatuhkan empat bom yang merobek Lancastria.

Dalam waktu 20 menit, kapal pun tenggelam dengan 4.000 korban. Dokumen laporan resmi insiden mengerikan itu disegel selama 100 tahun di bawah Undang-Undang Rahasia Resmi.

4. Dokumen Otobiografi Mark Twain

Tertutup hingga tahun ini : Mark Twain dilahirkan pada tahun 1835. Dia dibesarkan di Hannibal, Missouri, sebuah kota kecil dipinggir sungai Mississippi di Amerika Serikat. Hingga dirinya meninggal, tidak ada yang benar-benar tahu pasti mengapa Mark Twain ingin cerita tentang hidupnya terus tersembunyi begitu lama.

5. Dokumen Insiden Friendly Fire Terburuk

Tertutup hingga 2024 :Tragedi ini sangat memilukan hati dan menelan kerugian yang sangat besar dalam sejarah Perang Dunia II dan jarang muncul dalam buku-buku sejarah. Peristiwa ini terjadi pada 3 Mei 1945, empat hari setelah Hitler bunuh diri.

Saat itu ribuan tahanan kamp konsentrasi diangkut oleh dua kapal Jerman di Lubeck Bay, Arcona Cap dan Thielbek. Angkatan Udara Inggris memerintahkan serangan ke kedua kapal itu. Kapal The Thielbek penuh dengan 2.800 tahanan (Inggris) dan tenggelam hanya dalam 20 menit. Semua tawanan di kapal tewas.

Seminggu setelah tenggelam, tubuh korban tewas banyak terdampar di pantai. Setelag dikumpulkan, jasad mereka dikuburkan dalam sebuah kuburan massal di Neustadt di Holstein.

6. Dokumen Surat Dr David Kelly

Tertutup hingga 2073 : Dokumen surat Dr David Kelly itu tetap tidak bisa terbuka selama seminggu, menceritakan drama politik Inggris seputar laporan intelijen yang membongkar kejahatan pemerintahan PM Tony Blair dalam kaitan dengan Perang Irak. Kasus ini berujung pada kematian Dr Kelly pada usia 59 tahun.

7. Dokumen Rekaman Pembunuhan John F. Kennedy

Tertutup hingga 2017 : Pembunuhan John F. Kennedy, presiden ke-35 Amerika Serikat, terjadi pada Jumat, 22 November 1963 di Dallas, Texas. Kennedy tewas akibat ditembak saat dirinya berada di mobil bersama istrinya Jacqueline Bouvier Kennedy.Investigasi 10 bulan oleh Komisi Warren tahun 1963–1964, United States House Select Committee on Assassinations (HSCA) tahun 1976–1979, dan investigasi pemerintahan lainnya menyimpulkan bahwa Kennedy dibunuh oleh Lee Harvey Oswald.
Dalam jajak pendapat AS belakangan ini, pertanyaan-pertanyaan berikut ini muncul: “Apakah Anda pikir Lee Harvey Oswald adalah si penembak dalam pembunuhan Kennedy :”Hasil adalah: (Oswald 32%), lainnya (51% pria bersenjata), (Oswald Tidak Terlibat Opini 7%) (tidak berkomentar 10%. )

8. Dokumen Rekaman Mata Hari

Dibuka pada 1985: Mata Hari adalah nama panggung penari eksotis Belanda yang dikenal juga sebagai mata-mata ganda, Gertrud Margarete Zelle. Karena profesinya, ia memiliki banyak asosiasi lintas batas. Karena aktivitasnya yang dicurigai sebagai agen spionase, Mata Hari ditangkap.

Pada 15 Oktober 1917 di usia 41, Mata Hari dieksekusi meski dia bersikeras tidak bersalah. Jaksa penuntut Prancis ingin persidangan dilakukan secara rahasia dan catatan harus disegel selama 100 tahun.

Pada 1985, penulis biografi Russell Warren meyakinkan Menteri Pertahanan Nasional Prancis untuk membuka file kasus yang disegel tiga puluh dua tahun lebih awal. Menurut pendapat banyak ahli, Mata Hari tidak bersalah atas dakwaan yang dijatuhkan padanya.

9. Dokumen File UFO Rahasia Prancis

Dibuka pada 2007 : Pada 2007, Pusat Studi Luar Angkasa Nasional Prancis menyediakan lebih dari 1000 file kasus UFO yang telah diteliti oleh pemerintah Prancis selama lebih dari 50 tahun. Arsip-arsip itu tersedia di situs Internetnya untuk dilihat di seluruh dunia.

Jacques Patenet, yang mengepalai Kelompok untuk Studi Fenomena Aerospace mengatakan “data yang kami rilis tidak menunjukkan keberadaan makhluk luar angkasa, tetapi juga tidak menunjukkan ketidakmungkinan kehadiran seperti itu”.Pemerintah Prancis merupakan pihak yang pertama merilis informasi jenis ini kepada publik. Pemerintah Inggris Raya kemudian diikuti dengan merilis file-file mereka pada 2008.

10. Dokumen File Shirley Mason Ardell

Tertutup hingga waktu tak terbatas : Shirley Ardell Mason adalah seorang perempuan yang kehidupannya didokumentasikan di buku dan film dengan nama Sybil Isabel Dorsett untuk melindungi identitas aslinya. Buku itu ditulis dan diterbitkan pada 1973.

Sybil bercerita tentang seorang gadis dengan kepribadian terpecah hingga terdapat 16 kepribadian dalam satu tubuh. Enam belas pribadi itu adalah: Clara, Helen, Marcia, Marjorie, Mary, Mike (laki-laki), Nancy Lou Ann Baldwin, Peggy Ann Baldwin, Peggy Lou Baldwin, Ruthie, Sid (laki-laki), Sybil Ann, Sybil Isabel Dorsett, Vanessa Gaile, Victoria Antoniette Shcarleu (Vicky) dan kepribadian terakhir yang tak diketahui namanya.