Berkah Idul Fitri, Warga Papua Serahkan Senjata ke TNI Secara Sukarela

Penyerahan Senjata dari warga Papua secara sukarela tidak saja menunjukkan kepercayaan kepada Satgas Pamtas RI-Papua Nugini (PNG) Yonif Raider 300/Bjw, namun juga berkah Idul Fitri 1441 Hijriyah bagi rakyat Indonesia.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 300/Bjw, Letkol Inf Ary Sutrisno, mengungkapkan bahwa penyerahan Senjata kembali dilakukan warga secara sukarela pada hari kedua Idul Fitri oleh warga Kabupaten Keerom. Satu Senjata lainnya telah diserahkan warga beberapa waktu sebelumnya.

“Sampai dengan hari ini, kami telah menerima penyerahan dua pucuk Senjata api rakitan  dan munisi sejumlah 65 butir dari warga. Penyerahan Senjata api rakitan ini dilakukan secara sukarela oleh warga karena dianggap membahayakan keselamatan pribadi dan orang lain,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima AKURAT.CO, Jakarta, Sabtu (30/5/2020).


Ary mengatakan, warga yang menyerahkan Senjata secara sukarela tersebut menghubungi salah satu personel Satgas yang dikenalnya dan mengutarakan niatnya yang ingin menyerahkan Senjata api rakitan yang dimilikinya kepada TNI.

“Pendekatan teritorial Adu Bako (anjangsana) yang menjadi ciri khas prajurit Siliwangi tetap selalu kami laksanakan dengan maksimal di sisa waktu penugasan. Kami selalu menghimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan di wilayah kampung masing-masing agar terhindar dari provokasi-provokasi yang tidak benar dan merugikan kita semua nantinya,” katanya.

Sementara itu, Perwira Penerangan Satgas Yonif Raider 300/Bjw Lettu Inf Dodi Suyono, menyampaikan bahwa sebagai penjaga keamanan di perbatasan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya persuasif kepada warga untuk menumbuhkan kesadaran turut serta menjaga keamanan wilayah. 

“Kami bersyukur, selama penugasan kami disini, warga sangat kooperatif dalam setiap kegiatan yang kami lakukan. Harapan kami, dengan upaya yang telah kami lakukan, keberadaan Satgas dapat membantu mengatasi kesulitan warga serta timbul kesadaran warga untuk menjaga keamanan bersama demi keutuhan NKRI,” ujarnya.[]