Anggota TNI Susuri Sungai Mahakam Ulu selama Dua Malam untuk Menuju Pos Perbatasan RI-Malaysia

Satgas Pamtas Yonif Raider 200/BN akhirnya tiba di Pos Kotis dan siap mengamankan perbatasan RI-Malaysia setelah menyusuri sungai Mahakam Ulu selama dua hari dua malam menggunakan kapal kayu.

Dansatgas Yonif Raider 200/BN, Mayor Inf Andy Irawan mengatakan sejumlah 39 personel Satgas yang tergabung dalam Pos Kotis yang langsung dipimpinnya tersebut berangkat pada Minggu (17/5/2020) dari Pelabuhan Sungai Kunjang Samarinda menuju Pos di daerah Long Bagun.

“Untuk menuju pos tersebut, kita harus tempuh melalui perjalanan sungai yang sangat jauh. Berangkat dari Pelabuhan Sungai Kunjang Samarinda ke Pos Long Bagun, ditempuh melalui jalur Sungai Mahakam Ulu selama 2 hari 2 malam menggunakan kapal kayu angkat barang,” kata Andy dalam laman resmi TNI AD, tniad.mil.id, pada Rabu (20/5/2020).


Andy mengatakan Yonif Raider 200/BN yang bermarkas di Palembang Sumsel merupakan satuan di bawah Kodam II/Swj yang selama sembilan bulan ke depan akan bertugas mengamankan perbatasan NKRI-Malaysia di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

“Kita akan mengamankan perbatasan ini dengan menempati 22 pos di sepanjang Kaltim dan Kaltara, dengan Pos Kotis berada di Long Bagun. Kita bertugas di perbatasan ini menggantikan Satgas Pamtas sebelumnya yaitu Satgas Yonif Raider 303/SSM,” kata Andy.

Andy mengatakan dirinya beserta prajurit jajarannya begitu bangga telah dipercaya oleh negara dan TNI untuk melaksanakan tugas menjaga NKRI di daerah perbatasan sehingga warga perbatasan pun senantiasa merasa tenang dan aman dalam beraktivitas.

“Keberangkatan kami adalah dalam menjalankan tugas negara, melakukan pengamanan wilayah perbatasan dengan negara Malaysia yang tentunya dalam rangka menjaga NKRI,” kata Andy.

Andy berharap selama melaksanakan tugas di perbatasan, Satgas yang dipimpinnya dapat menjalankan tugas dengan baik dan lancar, hingga akhirnya dapat kembali bersama, berkumpul dengan keluarga besar di Yonif Raider 200/BN.

“Kami minta doa dan dukungannya agar senantiasa mendapatkan perlindungan dan rahmat dari Allah SWT, senantiasa diberikan kemampuan maupun kemudahan dalam menjalankan tugas, serta nanti kembali berkumpul dengan keluarga dalam keadaan sehat walafiat,” kata Andy.